Jaring-Jaring Kubus, Balok, Prisma, dan Limas

Jaring-Jaring Kubus, Balok, Prisma, dan Limas | Pengertian jaring-jaring dalam konteks ini adalah sebuah media/alat untuk membentuk sebuah bangun. Umumnya Bapak/Ibu guru matematika memberikan tugas membuat jaring-jaring bangun ruang menggunakan kertas karton/kardus.

Setiap bangun memiliki jaring-jaring yang berbeda. Hal ini karena pada masing-masing bangun memiliki sisi yang tidak sama. Ada yang sisinya berbentuk segitiga, ada yang berbentuk persegi, bahkan ada yang berbentuk lingkaran. Sisi-sisi inilah yang apabila digabungkan akan membentuk sebuah bangun.

Gambar jaring-jaring yang akan kita bahas di bawah ini adalah jaring-jaring bangun ruang seperti kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, dan limas . Mari kita mulai pembahasannya.

Gambar Jaring-Jaring Kubus

Semua sisi kubus memiliki ukuran yang sama dengan rusuk yang sama panjang pula. Jadi kubus disusun oleh sisi-sisi yang berbentuk persegi sebanyak 6 buah. Berikut gambar jaring-jaring kubus.

gambar jaring kubus
gambar jaring-jaring kubus

Gambar jaring-jaring Balok

Balok merupakan bangun yang paling sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Almari, meja, kotak amal, dan bungkus handpone adalah contoh benda di sekitar kita yang berbentuk balok. Balok hampir mirip dengan kubus dengan sisi-sisi yang berbentuk segi empat. Berikut gambar dari jaring-jaring balok.

gambar jaring balok
gambar jaring-jaring balok

Gambar Jaring-jaring Prisma Segitiga

Ada banyak bentuk prisma, mulai dari prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima dan seterusnya. Secara umum hampir sama bentuk jaring-jaringnya. Berikut ini adalah contoh jaring-jaring prisma segitiga.
Prisma segitiga memiliki sisi yang berbentuk segitiga sebanyak dua sisi dan yang berbentuk persegi sebanyak 3 sisi. Seperti inilah gambar jaring-jaring prisma segitiga.

jaring prisma segitiga
gambar jaring-jaring prisma segitiga

Gambar Jaring-jaring Tabung

Tabung disebut juga silinder. Bangun ini juga sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Cangkir, kaleng susu, adalah contoh benda berbentuk tabung. Bangun tabung terdiri atas dua sisi yang berbentuk lingkaran dan sebuah sisi berbentuk persegi panjang sebagai selimutnya.
Berikut ini gambar jaring-jaring bangun tabung

gambar jaring tabung
gambar jaring-jaring tabung

Gambar Jaring-jaring Kerucut

Bangun kerucut juga sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Topi ulang Kerucut terdiri atas sebuah sisi yang tahun, caping, cone pembatas jalan, adalah contohnya. Kerucut berbentuk lingkaran sebagai alasnya dan sebuah sebuah sisi selimutnya yang seperti sebuah segitiga tetapi memiliki bentuk alas yang melengkung. Perhatikan gambarnya di bawah ini.

gambar jaring kerucut
gambar jaring-jaring kerucut

Gambar jaring-jaring Limas

Seperti halnya prisma, bangun limas juga terdiri dari macam-macam. Limas segitiga, limas segiempat, limas segilima dan seterusnya.
Berikut ini saya berikan contoh jaring-jaring limas segitiga

jaring limas segitiga
gambar jaring-jaring limas segitiga
gambar jaring limas segi empat
gambar jaring-jaring limas segi empat

gambar jaring limas segi lima
gambar jaring-jaring limas segi lima
Demikianlah postingan tentang Jaring-Jaring Kubus, Balok, Prisma, dan Limas. Silahkan anda praktekkan membuat jaring-jaring bangun ruang tersebut.  Selamat belajar, sukses untuk kita semuanya.

0 Response to "Jaring-Jaring Kubus, Balok, Prisma, dan Limas"

Post a Comment